Seharian browsing cari cara gimana untuk setting default gateway di router yang mempunyai 2 serial interface di router cisco. Akhirnya ketemu juga caranya dan saya sudah coba sendiri di router kantor. Jadi 2 subnet IP public dari Astinet gak salah jalur lagi deh…. alias sudah menduduki jalurnya masing-masing….

dibawah ini cara konfigurenya

1. Buat access list

access-list 1 permit xxx.xxx.xxx.xxx aaa.aaa.aaa.aaa
access-list 2 permit yyy.yyy.yyy.yyy aaa.aaa.aaa.aaa

dimana xxx dan yyy adalah ip public dari masing-masing provider dan aaa adalah subnetmask-nya wildcard mask (reverse mask)

2. Buat route-map

route-map 2GW permit 10
match ip address 1
set ip default next-hop ip_serial_0
!
route-map 2GW permit 20
match ip address 2
set ip default next-hop ip_serial_1
!
route-map 2GW permit 30
set default interface Null0

3. Tidak usah diberikan Ip route 0.0.0.0

Maka bila diberikan command sh ip route tidak terdapat 0.0.0.0, hal ini tidak masalah karena sudah diatur oleh rules access list yg kita buat…

4. Coba tracert dari masing-masing ip subnet mask tersebut

Silakan dicoba…..

Iklan